Kamis, 16 Agustus 2012

Nuansa Kulit

Untuk menentukan warna makeup, harus disesuaikan dengan warna kulit. Centils gak mau kaann makeupnya keliatan belang atau 'maksa'?


Secara garis besar, intensitas warna kulit terbagi dalam 4 nuansa. Kulit kuning, putih, sawo matang dan hitam. Warna kulit juga dipengaruhi oleh sifat dasar warna yang digunakan oleh makeup. Sifat warna terbagi 2, yaitu hangat & dingin. 

Warna hangat yaitu warna yg mengandung warna kuning menjadi warna hangat. Warna hangat memberi kesan riang, penuh gairah, energik, muda, kuat dan berani. Sedangkan warna dingin yaitu warna yang mengandung unsur warna kebiruan menjadi warna dingin. Warna dingin memberi kesan sejuk, tenang, hening dan damai. 


Sekarang balik lagi ke 4 nuansa kulit, yuukk.. 4 nuansa kulit ini sudah disesuaikan dengan sifat warna yang tadi baru dibahas. Pertama kulit kuning. Kulit kuning merupakan nuansa kulit yang netral. Beruntunglah Centils yang mempunyai kulit berwarna kuning. Kulit kuning bisa berdandan dengan nuansa dingin maupun hangat. Tinggal disesuaikan dengan kepribadian dan acara yaa ;D 


Kulit putih merupakan nuansa kulit 'nanggung'. Lhoo kookk?? Hehe maksudnya kulit putih cocok berdandan dengan warna-warna hangat. Warna hangat bukan hanya warna2 gelap seperti hijau atau biru gelap, coklat dan hitam. Tapi juga warna-warna cerah tapi yang dipulas tipis. Contoh: hijau tosca, biru laut atau pink cocok dalam polesan untuk Centil berkulit putih tapi dandannya hanya tipis dan ringan yaa ;) Selain itu, nuansa kulit putih cocok untuk makeup yang cenderung berwarna gelap. Mangkanya Neng bilang kulit putih 'nanggung'. Karena Centils yg berkulit putih paling pas dengan dandanan yg terang dan ringan banget atau yang cenderung gelap. Gak bisa ditengah-tengah :) 


Untuk nuansa kulit Centils yang bernuansa sawo matang, naahh.. Ini malah kebalikannya dari kulit putih. Kalau kulit putih lebih pas warna terang dan ringan atau warna gelap, kulit sawo matang justru lebih cocok di warna tengahnya. Warna-warna tanah seperti coklat, bronze, emas dan warna cerah cocok untuk pemilik kulit berwarna sawo matang. Pemilik sawo matang juga cocok untuk menggunakan warna gelap seperti dandanan gothic, seperti kulit putih dan kuning. Asal jangan dandanan dengan warna terang dan ringan. Nanti warna makeupnya malah gak keliatan karena ketiban sama warna kulitnya. 


Naahh untuk pemilik kulit warna hitam, sebenarnya hampir sama dgn warna sawo matang. Karena cocoknya di warna 'tengah'. Pernah perhatiin Tyra Banks, Kimora Lee Simons, Beyonce, Rihanna dll? Kadang mereka pake warna tanah dan juga warna nyentrik. Warna hitam sangat nyatu dan pas dengan warna tanah. Tapi jangan dalam satu dandanan menggunakan warna tanah.. ontoh: dandanan mata gold, bronze blusher dan nude lipstick. Harus ada satu riasan yg 'megang' biar gak keliatan pucat atau 'sepi'. Harus disesuaikan juga. 


Misal: mata dibikin agak lebih smokey atau pakai lipstick pink mate atau blush on sheer pink biar segar. Kebanyakan kendala yg dimiliki pemilik kulit hitam adalah bingung memilih warna untuk dandan. Padahal warna terang jg cocok lho! Cuma pasti karena gak pede aja untuk memakai warna terang dan cerah pd kulit hitam. Coba liat deh dandanan para seleb berkulit hitam ;) 

Oia, kulit hitam kurang cocok dengan dandanan gothic berlebihan karena berefek 'suram' pada wajah. Termasuk untuk tampilan mata. Untuk pemilik kulit hitam yg ingin ber-smokey-eyes, jgn berlebihan ya. Semisal terlalu lebar & hitam. Mirip dandanan Tim Burton. Warna coklat tua dengan sentuhan sedikit warna hitam juga bisa membuat tatanan smokey eye ;) 


Dari kesemua jenis nuansa warna kulit dan sifat warna, intinya adalah PEDE. Mau dandanan apapun atau malah kalo didandanin oleh makeup artist sebagus apapun, kalo kamunya gak PD ya percuma. Jadi, faktor internal punya pengaruh penting untuk membuat kita terlihat cantik!! :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar