Kamis, 16 Agustus 2012

Dandan untuk Kulit Berjerawat




Jerawat merah yang meradang, bintik-bintik kecil atau bahkan bekas jerawat yang masih mengitam, emang ngeselin. Setuju?! Jangankan menghilangkan jerawat, buat nutupinnya aja harus 'kerja keras'. Apalagi kalo kita mau dandan, keliatan ganggu deh! Dandan emang bisa meminimalisir tampilan jerawat, tapiiii hati-hati. Perhatikan makeup nya. Jangan sampe memperparah jerawat ;) Berikut tips untuk dandan kulit berjerawat. Simak yuk simaakk.. Di share juga boleh ;) 


FACE PRIMER. Gunakan setelah memakai pelembab dan sebelum foundation. Biasanya, kulit berjerawat lebih berminyak. 
Face primer dapat menahan dan 'mengunci' makeup tahan lama yg bisa cepat pudar karna kulit berminyak. 

CONCELEAR. Tutupi jerawat atau bekas jerawat dengan concelear yang warnanya setingkat lebih terang dari warna kulit wajah. Concealer dengan warna kuning atau hijau cocok untuk kulit wajah Centils yang berjerawat. :) 


TEKSTUR CAIR. Gunakan foundation dan concelear yang bertekstur cair. Dan hindari tekstur krim padat. Foundation dan concelear bertekstur padat mengandung minyak lebih banyak dibanding yang cair. Yang mengandung banyak minyak tentu lebih dapat memicu jerawat. Dan tekstur padat juga terlalu menutup pori-poti wajah. Pori-pori wajah yang terlalu tertutup membuat sebum tertahan di bawah lapisan kulit dan dapat memicu tumbuhnya jerawat baru. 

BEDAK TABUR. Bedak tabur memiliki kandungan minyak lebih sedikit dibanding bedak padat (compact powder). Selain mengandung minyak yang sedikit, bedak tabur juga dapat mengurangi kilap di wajah. Coba deh bandingin sama bedak padat :) Sebisa mungkin pilih jenis bedak tabur yang mengandung mineral agar tidak memicu tumbuhnya komedo dan jerawat. Bedak mineral juga tidak banyak mengandung zat kimia dan pengawet (dua bahan yang bisa memperparah jerawat). Sekarang banyak bedak berwarna-warni. Nah bedak tabur yg warna hijau paling jago nutup noda termasuk noda bekas jerawat. 


NO SHIMERING. Jangan coba-coba pakai bedak dan blush on shimering kalo gak mau wajah terlihat semacam 'ladang minyak'. :) 


GINCU. Pusatkan dandanan di bagian bibir dengan warna merah atau warna mencolok yg cocok dgn Centils. Inget, yg penting mencolok. Memusatkan dandanan di bibir membuat orang lain fokus melirik bibir Centils, bukan di pipi atau dahi yg biasanya berjerawat. 


KANDUNGAN MAKEUP. Selain pemilihan makeup dengan tekstur tertentu, kandungan makeup juga sangat berpengaruh pada dandanan dan kondisi kulit. Saat ini sudah banyak makeup dengan kandungan 'Non Oil' atau 'Oil Free'. Baik itu dalam produk foundation, concelear dll. Pilih produk makeup yang bisa menghilangkan minyak dan bakteri penyebab jerawat dan biasanya mengandung salicylic acid. 
Salicylic acid dapat mengurangi bekas jerawat dan menyembuhkan kulit yg iritasi. Jd, kulit wajah Centils dapat kembali bersih. Selain makep dengan kandungan salicylic acid, makeup dgn kandungan mineral juga cenderung aman untuk wajah berjerawat. 

BERSIHKAN. Dan yang paling penting untuk tips terakhir, selalu bersihkan wajah sebelum tidur! Jangan pernah nggak dibersihkan! Jangankan kulit berjerawat, Centils yg berjenis kulit normal juga mesti bersihin wajah sebelum tidur! Karena selain makeup, di wajah pasti ada kotoran, debu, bakteri dan sebum yg nempel di wajah setelah beraktifitas. Coba Centils bayangin, tidur dgn semua itu, hiii.. Belum lagi 
kalo tidurnya gegulingan. Pasti nempel ke sarung bantal & sprei. Dan kalo semakin banyak dan semakin lama banyak makeup dan kotoran yg menempel di wajah, akan menyumbat pori2 lebih parah! Kayak yg tadi udah dibilang, penyumbatan minyak pada pori-pori dpat membuat kulit berjerawat & memperparah jerawat yg sudah ada. 

Jadi intinya adalah: 1. Face primer 2. Concelear 3. Tekstur cair 4. Bedak tabur 5. No shimmering 6. Kandungan makeup 7. Bersihkan


Lebih buagus lagi sih kalo misalnya nggak dandan. Dandannya kalo misalnya acara penting aja daahh :D Setelah wajah bersih, cukup oleskan pelembab dan krim atau obat khusus untuk kulit berjerawat. Biar jerawatnya makin cepet ilang. Hush Hush Hush..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar