Kamis, 06 Desember 2012

Cara Mengatasi Komedo





Sebelom neng mulai cara ngatasinnya, kenalin dulu jenis dan penyebab komedo dulu yuk. Jadi bisa kita cegah komedonya J

Komedo adalah kotoran yang menyumbat pori-pori kulit di wajah, bintik-bintik kecil di sekitaran permukaan lapisan wajah. 

Komedo ada 2 jenis. 1, Blackhead; Komedo jenis ini bisa juga disebut komedo terbuka, karena sangat tampak di permukaan kulit wajah. Kalo diperhatiin, komedo jenis ini keliatan kaya pori-pori yang membesar dan menghitam. Warna  kehitaman terjadi karena teroksidasi oleh udara yang kotor.

2. Whitehead; karena berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran atau lemak, hanya berupa benjolan-benjolan kecil di bawah kulit dan tidak terlalu tampak. Komedo jenis ini disebut juga komedo tertutup. Komedo ini juga berpotensi jadi jerawat!!

Oia, komedo gak Cuma ada diidung aja lhoo.. Tapia da juga di sekitar jidat dan dagu. Dan satu orang bisa punya 2 bisa komedo sekaligus!!

Komedo biasanya muncul karena cuaca, debu atau penumpukan minyak yang berlebihan (sebum) atau juga karena penumpukan sel kulit mati. Selain itu komedo juga bisa muncul karena tubuh kekurangan cairan, menggunakan produk / makeup yang mengandung terlalu banyak minyak dan belom bersihnya makeup yang terangkat dari wajah atau malah gak bersihin makeup sama sekali. Hii. Bisa juga karna problem medis seperti pencernaan, konstipasi, kelenjar minyak yang terlalu aktif dan anemia adalah faktor yang mempengaruhi timbulnya blackheads.

Nah Sekarang Neng kasih tau nih cara mencegah dan merawat muka. Apalagi buat yang kulitnya berminyak yang rawan muncul komedo!!

1. Pilih makeup yang sesuai jenis kulit dan mengandung bebas minyak. Hindari makeup berbentuk padat. Pake makeup yg bertekstur cair, bubuk dan cream. Bagus kalo mau pake yang mineral.

2. Apus pus pus makeup!! Jangan pernah enggak. Yang bersihin makeup juga bener-bener bersih. Termasuk susu pembersih, jangan lupa pake toner juga. Karena kalo gak semua keangkat malah bisa nyerap dan nyumbat pori-pori.

3. Sebiissaa mungkin hindari makanan ini : cokelat, susu cokelat, telur, durian, kacang tanah, alpukat, kacang mete, keju, krim bubuk ,mangga matang, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), santan, gorengan, kerang dan daging berlemak. Jangan lupa minum air putih yang cukup.

4. Makan teratur, cukup gizi, cukup tidur / istirahat dan hindari stres. Kedengerannya klise ya?! Tapi coba aja sendiri trus liat bedanya!!

5. Ganti sarung bantal, guling dan sepre secara rutin. Atau kaya neng, yg ganti sarung tiap bulan. Soalnya kotoran yang ada di muka dan udara bisa nempel kesitu semua.

 6. Berhenti ngeluarin komedo dengan mencetin idung! Cara ini justru akan membuat kulit meradang dan akhirnya infeksi.


Buat yang udah punya komedo, jangan sedih!! Nih liat cara-cara yang bisa ngusir komedo yang nemplok di muka.. ^^

1. Yang praktis, cepet dan gak repot pake pore strip. Mitos pore strip bisa bikin gede pori-pori gak bener. Kalo mau yakin, abis lepas pore strip, usap muka pake es batu

2. Facial atau peeling dua minggu sekali. Tapi sama ahlinya dan yang terpercaya, ya!! Jangan pergi ke salon-salon gak jelas. Banyak yg nawarin facial murah tapi belom tentu aman.

3. Kalo bisa, sebelom tidur, siapin anduk kecil anget buat dikompres dimuka. Ini bisa buat angkat sel mati lho!! Kompresnya sampe udah gak anget lagi. Kalo nggak anduknya jd beraer banget dan bikin bantal sama sepre basah.

4. Scrub muka seminggu sekali. Sebelom scrub, uap dulu mukanya buat buka pori2, jadi scrubbingnya bs lebih maksimal. Taro aer panas di baskom, deketin muka Centils ke baskom, sampe udah gak ada uap atau gak anget lagi uapnya. Abis itu baru di scrub mukanya. Tapi jangan keseringan sama ngegosoknya terlalu keras yaa.. ntar kulit mukanya jadi tipis dan malah bikin radang.

5. Pake lidah buaya. patahin daun lidah buaya, oles lendirnya yang berwarna bening tersebut ke seluruh permukaan wajah yang berkomedo.

6. Metode kulit jeruk. Basahin sedikit kulit jeruk trus tempelin di muka yang ada komedonya. Bagusnya dilakukan sebelum tidur. Atau kompres selama kita tidur sampe terbangun.

7. Resep jeruk nipis. Campur lima sendok makan air jeruk nipis dgn satu / dua sendok makan baking soda. Aduk sampae jd pasta. Oles ke hidung,  diamkan selama 20 menit.

8. Nah satu lagi nihhh resep yang paling banyak dipake dan dapet review bagus dari yg udah pada nyoba: Resep telor + madu. Campur 1 telor + sesendok makan madu alami, aduk sampe rata. Oles ke wajah, diemin sampe kering. Kalo udah kering bisa dikope tuh maskerannya. Coba minimal seminggu sekali deh! Selain buat komedo di idung, masker telor madu juga bagus banget buat seluruh wajah, apalagi buat yang punya kulit berminyak.

Kalo nyoba resep no 5-8 cara bersihinnya bilas pake air dingin. Sama usap-usap pake es batu.

Silahkan mencobaa!! Kasih tau neng hasilnya yaa kalo udah nyobaa ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar